“RAHASIA KESUKSESAN BUKAN MENGERJAKAN APA YANG DISENANGI TETAPI MENYENANGI APA YANG DIKERJAKAN”

Minggu, 08 Maret 2009

Pengertian Bisnis



Disusun oleh :


SUBANDI

Mata Kuliah : Pengantar Hukum Bisnis



"PENGERTIAN BISNIS"

APAKAH BISNIS ITU?



السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Sebelum membahas apa itu bisnis dan bagaimana memulainya, berikut ada sebuah cerita Inspirasi yang mungkin bermanfaat.

A. Pendahuluan

Bisnis adalah serangkaian usaha yang dilakukan 1 orang atau lebih individu atau kelompok dengan menawarkan barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan/laba.
Bisnis merupakan sebuah usaha, dimana setiap pengusaha harus siap untung & siap rugi. bisnis tidak hanya tergantung dengan modal uang. reputasi, keahlian, ilmu, sahabat & kerabat dapat menjadi modal bisnis.

Sistem Informasi Bisnis ialah Bisnis → berasal dari kata business → busy → sibuk yang artinya sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan, suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya” (ilmu ekonomi), Konteks : individu, komunitas ataupun masyarakat.

B. Pengertian dan Fungsi Bisnis

Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat (bussinessis then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society) [Huat, T Chwee,1990].

Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan [Griffin & Ebert].

Dari pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.

Aspek-aspek Bisnis :

a) Kegiatan individu dan kelompok;

b) Penciptaan nilai;

c) Penciptaan barang dan jasa; dan

d) Keuntungan melalui transaksi.

Fungsi bisnis dilihat dari kepentingan mikroekonomi dan makroekonomi :

1. Fungsi Mikro Bisnis, Kontribusi terhadap pihak yang berperan langsung.

Pekerja / Karyawan : pekerja menginginkan gaji yang layak dari hasil kerjanya sementara manajer menginginkan kinerja yang tinggi yang ditunjukkan besarnya omzet penjualan dan laba.

Dewan Komisaris : memantau kegiatan dan mengawasi manajemen, memastikan kegiatan akan berjalan tercapainya tujuan.

Pemegang Saham : pemegang saham memiliki kepentingan dan tanggung jawab tertentu terhadap perusahaan.

2. Fungsi Makro Bisnis, Kontribusi terhadap pihak yang terlibat secara tidak langsung.

Masyarakat sekitar perusahaan : memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggungjawab perusahaan.

Bangsa dan Negara : tanggungjawab kepada Bangsa dan Negara yang diwujudkan dalam bentuk kewajiban membayar pajak.

C. Elemen dan Sistem Bisnis

Dalam suatu bisnis membutuhkan suatu sistem yaitu : Modal (capital) sejumlah uang yang digunakan dalam menjalankan kegiatan bisnis; Bahan-bahan (materials) yang merupakan faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untuk diolah menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat; Ketrampilan Manajemen (Management Skill) sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen; dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Kualifikasi SDM :

· Memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi.

Jenis Kegiatan Bisnis

1. Karakteristi Sistem Bisnis, Kompleksitas & keanekaragaman; Saling ketergantungan; Perubahan dan inovasi.

2. Bentuk dasar kepemilikan bisnis, Perusahaan perseorangan, Comanditaire Vennootschap (CV), Persekutuan, Perseroan, dan Koperasi.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Tidak ada komentar: